Senin, 12 Maret 2007

Kenapa sekarang orang mudah sakit?

Kalau kita lihat berita di media massa sepertinya penyakit yg ditemui di masyarakat makin beragam saja. Dulu kalau mendengar ada yg terkena penyakit diabetes, jantung koroner, perkerasan pembuluh darah, ginjal, pasti bayangan kita adalah orang tua, 'ooh wajar, degeneratif". Tapi, sekarang ini sepertinya penyakit-penyakit tersebut sudah jadi penyakit umum, maksudnya usia berapapun, dari kalangan manapun bisa kapanpun terkena.

Yang jadi pertanyaan, apakah penyakitnya yg makin mengganas atau manusianya yg makin melemah? Memang ada beberapa penyakit baru yg ditemukan kemudian ternyata lebih ganas daripada yg sebelumnya, seperti SARS, Avian Influenza, Hepatitis, dan masih banyak lagi. Tetapi itu kan penyakit baru, lha kalau penyakit lama apa jadi ganas?

Sepertinya di sisi lain memang ada kecenderungan orang sekarang lebih lemah daripada dulu. Kalau kita bandingkan, 5 faktor kesehatan saat ini dan dulu, mungkin akan lebih mudah terlihat perbedaannya




























dulusekarang
makanan
alami
pewarna, pengawet,perasa, pestisida
pemasakan
slow cook, arang
fast cook, microwave, presto
kerja
keras
2-3x lebih keras
olah raga
sering
jarang
kondisi hidup
aman, tentram
mudah stress
udara
bersih, segar
kotor terpolusi
air
bersih, jernih
kotor

Kalau kondisnya seperti ini, adalah wajar apabila sekarang orang lebih mudah sakit. Dulu untuk mempertahankan kesehatan cukup dengan 4 sehat 5 sempurna. Tapi sekarang, makanan yg dimakan pun sudah banyak bahan kimianya. Oleh karena itu perlu pengelolaan kesehatan yg labih baik, yang lebih tinggi dari standar dahulu, agar orang sekarang tidak mudah sakit.

Mungkin karena itu sekarang banyak beredar suplemen kesehatan, salah satunya untuk menggantikan nilai gizi yang hilang atau rusak dari makanan yg kita makan. Tinggal bagaimana caranya memilih suplemen kesehatan yg paling cocok.

Tidak ada komentar: